Sabtu, 20 Agustus 2011

Mengatasi Masalah DNS

Apabila kita mengalami masalah saat menghubungi sebuah situs padahal kita sudah dalam kondisi online. Pertama-tama kita bisa melakukan pengujian terlebih dahulu dengan menggunakan perintah PING. Hal ini biasanya terjadi karena adanya masalah dengan DNS. Biasanya, pesannya adalah : Ping request could not find host. Please check the name and try again.
Untuk mengatasinya berikut adalah beberapa solusi yang bisa kita coba terlebih dahulu:
1. PErtama-tama periksalah file HOSTS, apabila file tersebut berisikan listing yang salah atau data yang tidak ter-update. Hal ini sudah pasti menunjukkan kita tidak bisa terkoneksi. Salah satu penyebabnya adalah program-program internet.
2. Jika di dalam file HOSTS terdapat nama situs yang tidak bisa kita buka cobalah menghapus daftar situs tersebut dan mencoba melakukan koneksi kembali.
3. Periksalah pengaturan DNS, pastikan setting DNS sudah tepat, baik untuk ISP maupun untuk Network. Untuk mengetahui konfigurasi DNS, klik pada Repair this Connection yang terdapat dalam folder Network Connections.
4. Atau kita juga bisa mengatur perubahan DNS pada komputer kita.
5. Lakukan Flash Cache, caranya adalah dengan mengetikkan perintah berikut : ipconfig / flushdns di dalam Command Prompt.
Fungsi dari perintah flushdns adlah untuk mereset isi yang terdapat di dalam DNS client. Hal ini dilakukan untuk menghindari masukan cache negatif yang tidak sengaja terinput secara otomatis.
6. Jangan lupa pula memeriksa ISP Anda apakah ada maslah dengan DNS-nya. Sebab mungkin saja masalah itu berasal dari ISP Kita, seperti ISP sedan down atau sedang maintenace atau sebagainya.
........SEMOGA BERMANFAAT..........

1 komentar:

javascript:void(0) excelcom says:

nice info Gan...
sdikit tambahan, klo DNS problem belum teratasi juga pake aja software WINSOCK...

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More