Sabtu, 20 Agustus 2011

Mempercepat Akses Web dengan Memodifikasi File HOSTS


Sistem kerja akses internet adalah, pada saat komputer user mengirimkan permintaan (request) kepada DNS Server maka server akan memeriksa IP Addresnya. Selanjutnya mengubahnya menjadi nama dan mengirim IP Address kembali ke kompoter user. hal ini akan memerlukan waktu delay yang akan membuat akses web menjadi sedikit lebih lama.
Oleh karena itu, kita dapat menghilangkan delay tersebut dengan mengedit file HOST.
File Host terdapat pada path:
C:\Windows\System32\Drivers\Etc\HOSTS
Bukalah file Hosts tersebut menggunakan Notepad.

Selanjutnya, ubahlah file Hosts tersebut di komputer yang terdapat hostname dan korespodensi IP Address. sekaran masukkanlah IP Address dan HOstname untuk situs yang sering kita buka. setiap masukkan tersebut harus berada dalam satu baris, dimana IP Address berada pada kolom pertama, dan kolom berikutnya adalah nama nama situs. berikut contohnay :
201.113.122.37 http://www.yahoo.co
202.201.125.23 http://www.google.com
Jika diinginkan, kita bisa menambah komentar untuk setiap situ yang kita buat dengan memberiakan tanda pagar (#) pada bagian akhir. berikut contohnya:
202.201.125.23 http://google.com #situs pencari alama
Terakhir, jangan lupa untuk menyimpan file tersebut dengan nama dan direktori yang sama. ingat jika kita melakukan hal ini maka kita harus sering-sering memeriksa dan melakukan update terhadap file HOSTS tersebut. hal ini bertujuan untuk mencegah kegagalan pada saat kita membuka situs yang sama. Misalnya, suatu saat situs http://google.com ternyata telah berubah IP Address-nya. sebab jika kita gagal mengakses sebuah situs ada kemungkinan IP Address yang diperiksa adalah IP Address yang lama.
...........SEMOGA BERMANFAAT...........

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More