Kamis, 11 Agustus 2011

BEDANYA LAPTOPS-NOTEBOOK-NETBOOK

Kadang kita bingung dengan penamaan komputer yang satu ini,yaitu komputer mini yang hampir setiap orang menginginkannya, karena dilihat dari fungsinya tidak kalah menarik dari komputer biasa/pc(personal computer) apa bedanya......
Laptop atau notebook sendiri sebenarnya adalah varian dari Portable PC untuk menyebut komputer yang dapat dibawa-bawa, seperti juga varian lain, pocket PC.
Laptop sendiri gabungan dari dua kata. lap yang berarti pangkuan dan top yang artinya diatas. jadi saat pertama dibuat laptop memang ditujukan untuk penggunaan bergerak dan dapat dipangku. berlawan dengan istilah desktop untuk penamaan PC yang selalu digunakan di atas meja.
Secara teknis saat ini Laptop dan notebook tidak memiliki perbedaan yang mendasar. tapi menurut Amit aganwal. laptop adalah komputer portable yang pas saat ditaruh diatas pangkuan. sementara notebook adalah komputer jinjing yang secara keseluruhan lebih langsing dari laptop. sementara yang lain berpendapat terdapat perbedaan yang cukup besar antar keduanya.
Sebenarnya laptop atau notebook cuma sebuah penyebutan istilah belaka. di Amerika istilah laptop lebih dikenal dari notebook. juga penyebutan laptop lebih familiar ditelinga orang indonesia.
Hanya saja seiring dengan waktu istilah laptop dirasa kurang pas karena saat ini penggunaanya lebih banyak diatas meja. istilah notebook yang berati buku yang dapat dilipat dirasa lebih gagah dan lebih kena untuk dipopulerkan, apalagi dengan munculnya beberapa kasus meledaknya notebook akibat cacat baterai atau suhu panas berlebih. Sebuah resiko yang sulit dibayangkan jika laptop dipangku, membuat pengguaan istilah laptop jadi kurang sreg.

Lalu apa bedanya dengan netbook?
Untuk memudahkan dalam membedakan notebook dan laptop bisa saja dari asalkata itu ada, sehingga diciptakan dengan fungsi dan tujuannya, selanjutnya tergantung penempatan itu ada dimana..., apakah di bagian badan kita(dipangku) atau diletakan diatas meja, dua-duanya mempunya bentuk dan fungsi yang sama...
Yang membedakan notebook/laptops dan netbook ini semakin jelas terlihat, begitu juga dengan awal diciptakanannya...
Notebook/laptop diciptakan dengan tujuan mempermudah kinerja seseorang dalam memakai komputer sehingga bisa di tempatkan dimana saja, di meja, mobil, kantor, bahkan di teras rumah(removable), begitu juga dengan netbook diciptakan untuk lebih memudahakan dalam pemakaian komputer, baik dari segi ukuranannya yang lebih ringan, dan mobilitas sama denangan laptops.

Dimensi laptops/netbook dan ukuran layar laptops/netbook
Ada perbedaan yang cukup mencoolok antara netbook dan laptops. Ukuran layar netbook lebih kecil dan berkisar di angka 7"-10,12", sedangkan laptops mulai 12" keatas. Selain itu netbook berukuran lebih kecil dan lebih ringkas untuk dibawa-bawa dibanding laptops. Berat netbook juga jelas lebih ringan di banding laptops umumnya.
Type dan spesifikasi dari hardware Laptops/Netbook
Spesifikasi hardware antara netbook dan laptops berbeda. Netbook menggunakan processor Inten Atom, Via C7 yang hemat energi, Amd athlon Neo,AMD C50,E350(Brazos) untuk pasar netbook. Memorynya kisaran 512mb-1gb untuk mendukung performanya.Dan yang pasti biasanya netbook akan disertakan peralatan dan perlengkapan yang memadai untuk berselancar internet dengan nyaman seperti wi-fi, bloetooth, bahkan ada modem 3G(akhir-akhiri ini)
Sedangkan Laptops menggunakan processor yang lebih kuat;Pentium dual-core,Core2 duo, Core i3,Core i5, Turion x2 dengan ram yang sama atau lebih besar dari netbook.

Kekuatan Batre
Laptops pada umumnya hanya mampu dengan baterai kurang lebih 1 s/d 3 jam sana, sedangkan netbook mampu bertahan hingga 5 jam. ini dikarenakan hardware yang digunakan lebih hemat energi dibandingkan laptops.

Harga
Untuk harga laptops dikisaran harga 3,5 juta keatas, sedangkan netbook sebaliknya harganya mulai dari 2 jtan.

Lalu Pilihannya sebaiknya yang mana?
Nah..disini kita harus bijak, kita membeli laptops atau netbook itu dalam rangka apa, kebutuhan, prestise(gengsi),atau untuk hadiah? Saya kira jika melihat segi kebutuhan, orang yang yang keperluan internet dan office (pengetikan biasa) memilih netbook lebih tepat, tapi jika orang tersebut tenyata semua pekerjaan di pindahkan ke mini pc ini, mulai edit, design, internet, bahkan edit video, ya pilihlah laptops solusinya....
SEMOGA BERMANFAAT!!


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More